Rabu, 05 Februari 2014

Balada Skripshit yang Menyesakkan : GANTI DOSEN PEMBIMBING

Udah lama rasanya gue gak nulis apa2 di blog ini ..
Ada rasa rindu jugaa ternyata .. hehehe ..
Yaah, walaupun blog ini belum ada baca dan masih belum bisa disearching di google, gue selalu ngerasa lega kalo udah nulis di blog ini ..
Blog ini mungkin adalah satu-satunya tempat di mana gue ngerasa jadi diri gue yang lain .. Gue ngerasa jadi penulis yang beneran kalo udah nulis disini .. :D

Badewai, beberapa minggu nggak nulis disini, gue lagi bener-bener mengalami hari-hari yang menyesakkan. Dan salah satu penyebab dari kesesakan itu udah pasti karena ayank skripsi gue yang tercinta. Minggu yang menyesakkan ini berawal ketika gue dapat kabar kalau dosen PS gue diganti. Yuupp, tanpa penjelasan, tanpa harus merasa bersalah, tanpa mikirin apa akibatnya buat gue, Sekretaris Jurusan gue ngeganti Dosen Pembimbing gue dari yang semula Bu NA jadi Bu MA. Gue nggak tahu harus protes atau demonstrasi ke mereka, tapi yang gue tahu apapun yang bakal gue lakuin, mereka nggak bakal ngerubah keputusannya.
So, setelah sedikit percekcokkan yang tak berarti, Dosen Pembimbing Skripsi gue resmi diganti. Itu berarti gue harus beradptasi lagi dengan kebiasaan Dosen Pembimbing baru gue, dengan teman-teman sesama bimbingan baru gue dan udah pasti dengan waktu-waktu menunggu gue yang baru juga. Dari semua keadaan tadi hal yang paling gue sedihin adalah kenyataan kalo gue bakal berpisah dengan teman-teman sesama bimbingan gue dengan Bu NA. Padahal, dari dulu gue seneng banget sama temen-temen sesama bimbingan gue ini. Merekaorang-orang yang menyenangkan, mereka bener-bener ngasih gue support dan selalu bersedia bantuin gue kalo gue buntu. Hemm, sedihhnyaa .. Bye Annisa Arrumaisyah .. Bye Ari Asmida .. Bye Kiki Ulina .. I'll miss you so much all !!

 Setelah menghabiskan waktu berjam-jam buat merenungi nasib perpisahan gue dengan teman-teman sesama bimbingan gue dengan Bu NA, gue lantas mulai mencari informasi tentang Bu MA dan anak-anak bimbingannya yang notabene bakal jadi temen-temen baru gue. Hasilnya luar biasa. Bu MA ternyata lagi Umroh saudara-saudara dan dari temen-temen sesama anak bimbingannya, gue mendapat info kalo setiap tahun Bu MA menentukan tema khusus untuk jadi judul setiap anak-anak bimbingannya. Bu MA gak suka dengan judul-judul yang biasa aja. Beliau cenderung menyukai penemuan-penemuan baru, judul-judul yang unik dan jarang didengar. Dan itu berarti : Mampus, judul gue pasti gak masuk itungan diee !!!

Secara harfiah dan morfologis (apaan sih?) judul gue gak jelek-jelek banget kok. Menurut temen-temen gue judul gue itu bagus, jarang dijamah (emang apaan dijamah2) dan referensinya gampang. Buktinya, disaat temen-temen gue yang lain stres mikirin buku buat referensi, gue nyantai ajja. Gue cuman bingung nyari duit darimana buat beli referensinya. Harganya mahal boo !!
Tapi tetep ajja, judul gue yang di-ACC oleh Bu NA, gak masuk dalam kategori judul yang menarik buat BU MA. Gue hampir putus asa. Bu MA masih Umroh, jadi gue bingung bakal konsul sama siapa. Gue takut terlanjur ngerjain semua BAB (padahal waktu itu udah ngerjain BAB 3, tinggal dibenahin dikit lagi), terus ibuk MA gak suka sama jdul gue kan usaha gue jadi sia-sia. Gue baru dapat pencerahan pas ngobrol sama salah satu temen gue. Namanya Bahgie. Dia juga anak bimbingan Bu MA..

Gie : Napa ni ?
Gue : Gimana ya judul gue gie ? Gue udah terlanjur kerjain lagi. Masa nanti harus ganti judul ..
Gie : Udah nyampe BAB berapa emang ?
Gue : BAB 3 gie. Yaa tinggal dibener2in dikitlah. Kalo sampe ganti judul kan sayang. Mana mau ACC ke jurusan itu susahnya minta ampun. Hadeeehhh ..
Gie : Yaudahlah ni. Kerjain ajja dulu sambil nungguin Bu MA pulang Umroh. Bu MA baik kok. Kalo kamu jelasin pasti ibu itu maklum terus nyuruh dilanjutin aja.
Gue : Yakin gie?
Gie : Iyaaa .. Udah positif thinking ajja.
Gue : ( Dengan semangat) Okeh gieee !!!

Satu minggu kemudian,gue akhirnya paham kenapa ada pepatah yang bilang "Lebih baik negatif thinking daripada positif capek." Karena setelah usaha gue mati2an memperbaiki proposal gue, Bu MA tetap ngeganti judul gue. BahGie, siaaaalaaaaaannnn !!!

Sebenarnya gie nggak ada salah apa-apa sih sama gue. Toh dia cuman berusaha bantuin gue. Tapi entah kenapa, sebagai manusia biasa gue selalu merasa perlu menyalahkan sesuatu. Kalo jatuh nyalahin batu, kalo kejedot nyalahin tembok, kalo judul diganti yaah harus nyalahin giee (looohh??) ..

Finally, setelah judul gue diganti gue harus memulai semua perjuangan gue dari awal lagi. Besok gue harus ke Jurusan dan ngeyakinin mereka kalo judul gue layak buat diteliti. Semoga semua berjalan lancar... Semogaaa ...

*dalam hati teriak*
OOhhhhh, Neptunus bantulah akuuuuu !! Oooh, para agen temukanlaah akuuu !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar