Rabu, 22 Januari 2014

My Skripsweet Oh My Skripshit




Skripsi emang adalah salah satu tugas yang paling mengasah otak dan pikiran anak-anak di semester akhir. Penuh suka duka. Kenangan manis sampe kenangan paling sial kuliah selalu paling terasa pas nyusun skripsi. Gak jarang, ada anak-anak semester akhir yang hanya bisa bermimpi make toga karena gak serius dalam nyusun skripsinya. Dan ada juga yang baru bisa make toga setelah 8 tahun kuliah karena menunda-nunda mengurusi si ayank skripsi ini. Skripsi memang kejam kawan !!


Sekali lagi gue peringatkan, skripsi itu kejam kawaaann !!!
 Gak jauh beda dengan para pendahulu gue, awalnya gue juga ngerasa sedikit frustrasi dalam menyusun skripsi ini. Apalagi ngebanyangin cerewetnya dosen pembimbing dan ribetnya penelitian nanti. Kayaknya bakal susah deh. Tapi setelah mulai dijalani ternyata skripsi gak sesulit apa yang kakak-kakak senior itu ceritain loh. Asal serius ngejalaninnya pasti bisa. Yah walalupun awalnya harus terseok-seok dulu. Digaris bawahin yaa !! ASAL SERIUS !!


Skripsi kan gak jauh beda dari makalah-makalah yang selama ini ditugasin dosen. Bedanya cuman skripsi ini lebih serius, lebih mendalami masalah dan punya solusi yang harus bisa kita pertahanin secara teoritis. Beda dikit kan sama makalah tugas ? Hehehe …


Tapi gue pernah ngerasa agak sebel juga pas ngurusin skripsi pertama kali. Apalagi bagian ACC judul. Buseeettt, nyari dosen PS udah kayak nyari Ayu Ting-ting.

“Kemanaaa.. kemaanaa .. kemanaaa.. Kuharus mencari kemanaaa…”

Selama 3 tahun kuliah, dosen yang jadi dosen PS gue sekarang perasaan gampang banget ditemuin. Mau keluar kelas, udah ketemu. Pas mau kamar mandi, ketemu lagi. Pas mau pulang juga ketemu. Tapi kenapa pas gue mau bimbingan tentang judul skripsi dosen ini mendadak susah banget ditemuin yaa ? Kadang rasanya ampe nyesek.


Pernah ya gue sama dosen kesayangan gue ini janjian jam 8 dikampus. Gue bela-belain gak sarapan supaya jangan sampe telat ketemuan. Ternyata eh ternyata gue baru dibimbing jam 1. Itupun setelah si dosen makan siang dan ngobrol-ngobrol dulu sepuasnya. Gue jadi bingung. Kenapa harus janjian jam 8 coba kalo si dosen baru punya waktu jam 1 ?? Kan kasian yang nungguin. Mana laper lagi. Oh iya, jangan tanya dimana gue selama 5 jam itu ? Apakah gue juga makan ? Tidak saudara-saudara. Saking takutnya tuh dosen menghilang dan susah buat nemuin dia lagi, gue selalu ngawasin dosen itu dari jarak aman. Demi sebuah tandatangan, gue mengabaikan semua protes dan kecaman kejam dari cacing di dalam perut gue. Nyebelin! Nyebelin banget!


Tapi setelah gue ngeliat perjuangan temen-temen gue yang lain buat meng-ACC judul yang notabene belum selesai-selesai sampe sekarang. Gue berpikir ulang lagi tentang kesebelan gue. Ini semua bukan rintangan. Ini tuh cuman tantangan. Dunia pekerjaan pasti akan jauh lebih berat. Kalo sekarang aja udah nyerah, gimana pas ngelamar kerja yang penuh penolakan. Bisa-bisa langsung bunuh diri. *horor banget* Toh dari awal para dosen juga udah memperingatkan, menjadi sarjana itu gak mudah.

Setelah berhasil ACC judul dengan dosen PS dan menuliskan judul gue di Jurusan. Gue pun siap untuk memulai proposal gue. Semangat gue sangat 45 !! Gue harus sidang bulan Meiii !! Haruuuuss !! Dengan semangat keharusan itu, besoknya gue langsung beli buku di gramed. Gue langsung minjem buku banyak-banyak diperpus. Gue fotokopi skripsi yang bisa jadi pedoman gue. Gue bener2 on fire. Selama liburan tahun baru, proposal gue harus kelar. Ini wajib.kudu.mesti. Yihaaa !!

Ampuni nia Tuhan, dia tidak tahu apa yg dia katakan XD

Tapi pada kenyataannya, godaan makan kue tahun baru di rumah tetangga jauh lebih kuat, kawan.  Skripsi gue terabaikan begitu saja. Bingung mau mulai merangkai kata-kata darimana. Well, dengan seribu macam alasan, gue akhirnya mencoba untuk mengesampingkan skripsi dulu dan menikmati hidup sebagai mahasiswa yang sedang perbaikan gizi di rumah.


Semua tetap kayak gitu pas gue kembali ke kostan. Gue masih bingung mulai darimana. So, tiap hari gue cuman pergi ke perpus kampus buat wi-fian disana.
Sampe akhirnya, pas di perpus gue ketemu salah satu temen gue yang kuliah di Jurusan Sastra Inggris. Namanya Ani. Dan sebagai sesama anak semester akhir, gue pun memulai sapaan gue dengan nanyain soal kemajuan skripsinya. Dia sastra non-dik jadi dia lagi ngejar buat bisa wisuda bulan Mei ini.

Gue : Ciiieee, yang lagi ngebut buat wisuda bulan 5. Udah gimana skripsinya ? :D
Ani : Hahaha, iya neh. Baru kemaren revisi proposal. Ini mau nyari buku lagi. Mudah2an akhir bulan ini bisa seminar proposal. Skripsi kamu gimana ni ?
Gue : Yaa gitu deh. *cengengesan*
Ani : Gitu gimana ? Judul udah ACC kan ?
Gue : Udah kok ..
Ani : Udah beli buku ?
Gue : Udaah ..
Ani : Berarti lagi ngebut proposal dong. Ciieee ..
Gue : Ahhh, proposal apaan. BAB 1 aja gak selesai-selasai ..
Ani : Gak selesai-selesai apa gak dikerjain-kerjain ?? Gak bakal selesai juga kan kalo gak dikerjain ?
Gue : *dieemm*
Ani : kenapa ?
Gue : *pura-pura ngeliat ke arah rak buku yang lain* Hahaha, Gapapa. Gue nyari buku dulu yaa .. daaah ..

Yaah, begitulah sodara-sodara. Kata-kata Ani sangat menohok hati gue. Sampe gue gak bisa ngomong apa-apa. Dalam hati gue membenarkan apa yang dia katakan. Ya iyalah yaaa, Bab 1 gue mana bisa selesai kalo gak dikerjain. Mana bisa tuh bab nulis sendiri tiap gue liatin. Gue harus mulai ngerjain tuh bab supaya gimana pun hancurnya bab itu nanti paling gak tuh bab udah selesai dan bisa direvisi. Satu malem sejak ketemu Ani, dengan satu gelas capucino disamping laptop, gue berpikir keras. Gue baca lagi buku gue yang gue tutup sejak tahun baru. Gue ketik dikit. Gue mikir lagi. gue ketik lagi. Gue hapus yang menurut gue kurang pas. gue baca lagi bukunya. gue ketik lagi. Gitu terus sampe akhirnyaa voilaaaa .. bab 1 gue langsung jadi. Kadang gue kaget dengan keajaiban otak gue sendiri. Hahaha ..


So finally gue nyadar. Skripsi itu gak susah susah banget tauuu. Asal mau SERIUS !! S-E-R-I-U-S !! ^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar