Selasa, 21 Januari 2014

Awal Semula


Udah 3 bulan berlalu sejak pertama kali aku membuat blog ini.
Udah begitu lama juga semangat untuk mengisi blog ini memudar.
Ada banyak cerita yang tak sempat aku ceritakan.
Ada banyak kisah yang tak pernah aku tuliskan.
Semua hanya tersimpan dalam pikiran dan sekarang terasa mulai terlupakan.
3 bulan telah berlalu dan akhirnya rasa rindu itu datang.
Kerinduan untuk menumpahkan sesuatu.
Kerinduan untuk sekedar menceritakan keluh.
Selama ini aku terlalu sering melakukan banyak hal dengan setengah-setengah.
Menulis cerpen, sudah sampai setengah lalu berhenti.
Sangat ingin membaca buku pelajaran, sudah sampai setengah lalu berhenti.
Sangat ingin mengikuti lomba, sudah mendaftar lalu minder dan berhenti.
Sangat ingin menulis blog, buru-buru membuat blog lalu begitu sudah memiliki blog semuanya berhenti.
Semua selalu didasari dengan banyak pertanyaan.
Apa yang bisa aku ceritakan ?  apakah yang aku ceritakan nanti akan cukup bagus ? apakah ada yang mau membaca ceritaku ? kayaknya jelek deh. Kayaknya gak pantes deh buat dibaca orang.
Begitu banyak pertanyaan dan keraguan yang muncul. Dan akhirnya semua usaha terhenti begitu saja ..

Selama bertahun-tahun begitu dan akhirnya aku tersadar ..
Aku terlalu takut perjuanganku sia-sia. Setiap ingin melakukan sesuatu aku terlalu banyak bertanya.  Terlalu banyak meragu dan tidak tersadar bahwa justru semua pertanyaan itulah yang menghalangi aku  untuk melangkah. Aku berdiam diri terlalu lama, berfikir terlalu lama dan akhirnya justru tidak melakukan apa-apa..
Aku lupa bahwa sebelum dan sesudah berpikir, aku harus berjalan. Berjalan di jalan yang aku anggap benar untuk aku jalani.

Mario Teguh pernah mengatakan bahwa “Tidak akan ada jalan yang tepat untuk orang yang tidak pernah berangkat”. Semua orang akhirnya akan menemukan jalan yang “benar” karena telah mencoba memasuki semua jalan yang pada awalnya hanya di“anggap” benar.
Aku tidak peduli kalau ternyata langkah itu akan salah. Aku tidak peduli lagi kalau ternyata tulisan itu jelek. Yang paling penting aku tidak lagi berdiri di tempat yang sama. Yang paling penting blog ini tidak lagi menjadi tempat yang kosong. Toh hampir semua penulis legendaris pernah ditolak oleh banyak penerbit.  Tidak ada orang yang sukses tanpa harus gagal dulu. Semua butuh proses. Dan untuk bisa merasakan proses itu, kaki ini harus terus melangkah dan tangan ini harus mulai bekerja.

Aku tidak mau lagi melakukan semuanya setengah-setengah. Aku tidak mau menyesal karena tidak pernah mencoba. Aku ingin melakukan semuanya sampai akhir. Berjuang sampai akhir. Menulis sampai akhir. Apapun hasilnya nanti, apapun kenyataannya nanti, itu akan menjadi jejak-jejak petualangan yang tak terlupakan. ^-^
Selama ini aku hanya berhenti sejenak, petualangan yang sebenarnya baru akan dimulai ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar